Kolang-Kaling Dersuni

Ibu Suriyah, warga Dusun Dersuni 001/ 005 Desa Branjang ini merupakan salah seorang di antara warga Desa Branjang yang biasa mengolah kolang-kaling sebagai ladang usahanya. Memang, tidak mudah untuk mendapatkannya. Namun, ia tetap telaten dalam setiap tahap pengolahannya.

Kolang-kaling merupakan buah dari biji pohon aren. Untuk mengeluarkan kolang-kaling, buah aren yang telah dipanen harus direbus terlebih dahulu supaya getahnya hilang.

 

Setelah direbus, buah dikupas lalu diambil bijinya yang berupa kolang-kaling itu.

Selain nikmat, rupanya kolang-kaling juga kaya akan nutrisi karena mengandung kadar air sangat tinggi. Buah ini juga mengandung protein, karbohidrat, kalsium, antioksidan dan banyak lainnya. Tidak salah jika kolang-kaling ternyata juga cocok disajikan bagi orang-orang yang ingin diet sehat.

Teksturnya yang kenyal, cocok untuk diolah menjadi berbagai sajian makanan ataupun campuran minuman. Kalau biasanya hanya diolah menjadi kolak saja, kita dapat mencoba mengkreasikannya menjadi bermacam-macam ragam kudapan, seperti puding kolang-kaling, setup kolang-kaling, es blewah kolang-kaling, manisan kolang-kaling, manisan kolang kaling, kolang-kaling pedas, sekoteng dll.

Menarik bukan. Yuk berkunjung ke Desa Wisata Branjang dan ikut panen Kolang-kaling 🙂

Tulis Komentar

Your Alamat email will not be published.

Artikel Terbaru

Perbedaan Gula Jawa dan Gula Aren

Perbedaan Gula Jawa dan Gula Aren

Khasiat Daun Kelor

Khasiat Daun Kelor untuk Kesehatan dan Kecantikan

1000 Manfaat Daun Kelor

Kategori
× Chat