Giat Warga Desa Wisata Branjang dalam Lomba Taman Toga

Dusun Cemanggah Kidul merupakan salah satu dusun di Desa Wisata Branjang yang memiliki kesadaran tinggi akan pentingnya kesehatan dan kesejahteraan masyarakat. Hal tersebut diwujudkan melalui program-program PKK yang berjalan di Dusun Cemanggah Kidul. Salah satunya yaitu penggalakkan penanaman TOGA (Tanaman Obat Keluarga) yang merupakan upaya menyukseskan program PKK.

Masyarakat sadar bahwa kesehatan merupakan hal utama yang harus diperhatikan dalam kehidupan. Oleh karena itu, masyarakat menanggapi program yang diluncurkan oleh Kepala Dusun Cemanggah Kidul, Bapak Solichun (31) dengan sangat antusias. Menurut Kepala Dusun setempat, “Tanaman toga sangat penting dan harus dimiliki oleh setiap masyarakat. Baik untuk memenuhi kebutuhan bumbu dapur maupun apotek hidup yang selalu diperlukan oleh masyarakat setiap saat. Dengan adanya taman toga ini, masyarakat dapat mengurangi pemakaian obat-obatan kimia dan menggantikannya dengan obat herbal yang berasal dari apotek hidup tersebut.”

Program tersebut bertepatan dengan peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke-76 pada tanggal 17 Agustus 2021. Kegiatan membuat dan menghias taman toga tersebut dijadikan sebagai salah satu perlombaan yang diselenggarakan di Dusun Cemanggah Kidul. Kategori perlombaan lainnya yaitu lomba kebersihan lingkungan dan lomba keindahan yang meliputi taman toga dan hiasan-hiasan lainnya. Sebagai puncak perlombaan yaitu pada tanggal 17 Agustus 2021 dengan menghadirkan juri dari Kepala Desa, Bhabinkamtibmas, Dinas Lingkungan Hidup, dan KKN BMC UNNES.

 

Lomba Antar RT

Perlombaan tersebut diselenggarakan untuk antar RT, yang mana Dusun Cemanggah Kidul terdiri atas 4 RT. Meskipun program tersebut termasuk dalam program PKK, namun antusiasme masyarakat tidak hanya berasal dari kalangan ibu-ibu saja. Akan tetapi, peran dan keterampilan dari bapak-bapak juga sangat tampak. Seperti halnya, membuat gapura dari bambu, membuat pagar, mengecat dan menghias jalan juga memasang hiasan. Sedangkan peran ibu-ibu sangat tampak dalam membersihkan setiap sudut wilayah termasuk selokan di sepanjang jalan yang termasuk wilayah RT dimana masyarakat tersebut bertempat tinggal.

Dalam perlombaan tersebut mendapatkan predikat Juara 1, 2, 3, dan Harapan 1. Pengumuman perlombaan tersebut disampaikan pada acara peringatan 10 Muharram 1443/10 Asyura’ yang bertempat di kediaman Kepala Dusun Cemanggah Kidul. Wilayah Rukun Tetangga (RT) yang menyandang predikat juara 1 adalah RT 03. Selanjutnya penyandang predikat juara 2 yaitu RT 01. Penyandang predikat juara 3 yaitu RT 02. Kemudian penyandang juara Harapan 1 yaitu RT 04.

Perlombaan tersebut tidak hanya bertujuan menyukseskan program PKK saja. Namun, sebagai upaya mengisi kemerdekaan dengan cara menjaga dan merawat lingkungan hidup. Dengan kegiatan tersebut dapat meningkatkan interaksi antarwarga masyarakat sehingga rasa kekeluargaan semakin terpupuk dan masyarakat semakin kompak dalam bergotong royong membangun desa. Semangat yang dimiliki oleh semua warga Dusun Cemanggah Kidul ini tidak hanya didasarkan adanya sejumlah hadiah. Namun, kesadaran masyarakat yang mulai tumbuh dan kecintaan terhadap wilayahnya mulai tampak. Semangat yang demikian itu, patut dicontoh oleh seluruh warga Desa Wisata Branjang dan seluruh rakyat Indonesia sebagai wujud kecintaan terhadap Negeri yang diimplementasikan melalui upaya membangun desa.

Tulis Komentar

Your Alamat email will not be published.

Artikel Terbaru

Perbedaan Gula Jawa dan Gula Aren

Perbedaan Gula Jawa dan Gula Aren

Khasiat Daun Kelor

Khasiat Daun Kelor untuk Kesehatan dan Kecantikan

1000 Manfaat Daun Kelor

Kategori
× Chat