Durian Montong Desa Wisata Branjang

Durian Montong

Durian montong adalah salah satu jenis durian yang dikenal di Asia Tenggara. Durian montong biasanya lebih besar dari jenis durian lainnya, dan memiliki daging buah yang lebih putih dan lembut. Rasa durian montong juga dianggap lebih manis dan lebih enak daripada jenis durian lainnya. Durian montong biasanya tumbuh di kawasan pegunungan di beberapa negara, seperti Indonesia dan Malaysia.

Durian Monthong merupakan salah satu jenis durian yang populer di Indonesia. Durian ini awalnya berasal dari Thailand. Daging buahnya berwarna kuning dan tebal, sedikit terasa kering dan kurang berlemak. Daging buah manis sekali dan bertekstur halus dengan aroma tajam yang sedang.

Warna kulit buah hijau kekuningan dengan duri di permukaan kulit berbentuk kerucut berukuran kecil dan agak rapat. Buah durian sukar dibelah. Setiap buah memiliki bobot sekitar 3-5 kg.

  • Klasifikasi ilmia
  • Kerajaan: Plantae
  • (tidak termasuk): Eudikotil
  • (tidak termasuk): Rosidae
  • Ordo: Malvales
  • Famili: Malvaceae
  • Genus: Durio
  • Spesies: D. zibethinus

Nama binomial
Durio zibethinus Rumph. ex Murray

Pohon durian monthong memiliki tinggi sekitar 5-8 meter, namun pohon durian budidaya rata-rata memiiki tinggi sekitar 6 meter. Tajuk pohon berukuran lebar 2-4 meter. Habitus tanaman berbentuk payung atau kerucut dengan percabangan batang yang rapat.

Batang pohon durian jenis ini berwarna kecoklatan, permukaannya halus dan berbentuk bulat. Bunga durian monthong berwarna putih kekuningan yang berkelompok dalam tandan. Sekitar 1-16 kuntum bunga durian terdapat dalam satu tandan. Buah yang dihasilkan dalam tandan sekitar 1-3 buah. Bentuk buah panjang dengan bagian pangkal dan ujung buah agak meruncing.

Kulit buah terlihat memiliki alur sekitar 4-5 alur dan tebal kulit buahnya berukuran 4-6 mm. Buah memiliki juring sekitar 4-6 juring dan pongge sekitar 5-15. Bentuk biji lonjong berjumlah 5-7 biji dalam setiap buah durian. Pohon durian yang berumur 7 tahun dapat menghasilkan 20-30 buah dalam setiap pohon.

Ref: bibitbunga.com

Tulis Komentar

Your Alamat email will not be published.

Artikel Terbaru

Perbedaan Gula Jawa dan Gula Aren

Perbedaan Gula Jawa dan Gula Aren

Khasiat Daun Kelor

Khasiat Daun Kelor untuk Kesehatan dan Kecantikan

1000 Manfaat Daun Kelor

Kategori
× Chat